Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik
   :: BERANDA :: BERITA :: PETA SITUS :: HUBUNGI KAMI ::
Bahasa Indonesia   Bahasa Inggris   
 
SEMINAR NASIONAL
KULIT, KARET DAN PLASTIK
KE-6 TAHUN 2017

Mengundang para peneliti, perekayasa, Dosen, Industri, praktisi, masyarakat umum, dan mahasiswa untuk ikut sebagai peserta pemakalah atau peserta umum/mahasiswa.

 

PROFIL BBKKP

 

LAYANAN

 

SUMBER DAYA

 

INFORMASI PUBLIK

 

INFORMASI

 

KERJASAMA

 

TAMU & PELANGGAN

 
BERANDA » Informasi Publik » Ppid

Standar Pelayanan Informasi Publik
PPID Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik


  1. PENDAHULUAN

    Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 tahun 2010 Tentang Standar Layanan Informasi Publik merupakan tonggak sejarah dalam mendorong keterbukaan informasi di Indonesia yang melandasi hukum terhadap hak setiap orang untuk memperoleh informasi. Disamping itu, Undang-Undang tersebut juga memberikan kewajiban kepada setiap institusi/lembaga untuk menyediakan dan melayani permohonan informasi publik secara cepat, tepat waktu dan biaya ringan/proporsional serta dengan cara sederhana.

    Sesuai dengan Keputusan Kepala Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik Nomor 252/SK/Bd/BBKKP/XI/2016 tanggal 29 November 2016 tentang Perubahan Keputusan Kepala BBKKP sebelumnya tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik telah mengatur tugas dan kewenangan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dalam rangka penyelenggaraan pelayanan informasi publik.

  2. STRUTUR ORGANISASI



  3. STANDAR PELAYANAN INFORMASI

    • Dasar Hukum
      1. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
      2. Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
      3. Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik
      4. Peraturan Menteri Perindustrian No.70/M-IND/PER/7/2011 tentang Tata Kelola Layanan Informasi di lingkungan Kementerian Perindustrian
      5. Peraturan Menteri Perindustrian No.351/M-IND/Kep/7/2011 tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di lingkungan Kementerian perindustrian
      6. SK Kepala BBKKP Nomor 252/SK/Bd/BBKKP/XI/2016 tentang Perubahan Keputusan Kepala BBKKP sebelumnya tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik
    • Persyaratan Pelayanan
      1. Identitas KTP
      2. Mengisi Formulir Permohonan Informasi « download »
      3. Untuk Permohonan Informasi melalui datang langsung dan surat, ke alamat :
        Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik
        Jl. Sokonandi No.9 Yogyakarta 55166

        Untuk Permohonan Informasi melalui telepon, Fax, e-mail dan website :
        » Telepon : +62 274 512929
        » Faks : +62 274 563655
        » e-mail : bbkkp_jogja@kemenperin.go.id atau bbkkp_jogja@yahoo.com
        » website : www.bbkkp.go.id

    • Sistem, Mekanisme dan Prosedur
      1. Pemohon datang ke desk layanan informasi, mengisi formulir permintaan informasi dengan melampirkan fotocopy KTP pemohon dan pengguna informasi;
      2. Petugas memberikan Tanda Bukti Penerimaan Permintaan Informasi Publik kepada Pemohon Informasi Publik;
      3. Petugas memproses Permintaan Informasi Publik sesuai dengan formulir permintaan informasi publik yang telah ditandatangani oleh pemohon informasi publik, yaitu :
        » Informasi yang bersifat umum, tanggung jawab berada di Seksi Informasi
        » Informasi pengujian bahan/peralatan, tanggung jawab berada di Seksi Pemasaran
        » Informasi yang terkait Teknis Seksi Konsultasi memberikan fasilitasi untuk mempertemukan tenaga teknis dengan meminta informasi di ruang Konsultasi, kecuali konsultasi HKI
      4. Petugas menyerahkan Informasi sesuai dengan yang diminta oleh pemohon/pengguna informasi. Jika informasi yang diminta masuk dalam kategori dikecualikan, PPID menyampaikan alasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
      5. Petugas memberikan Tanda Bukti Penyerahan Informasi Publik kepada pengguna informasi publik.
    • Jangka Waktu Pelayanan
      Jangka waktu pelayanan adalah 10 (sepuluh) hari kerja dan dapat diperpanjang 7 (tujuh) hari sesuai Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
    • Biaya/Tarif
      Pelayanan Informasi tidak dikenakan biaya (gratis), untuk penggandaan bahan/fotocopy, pemohon informasi dapat melakukan penggandaan/fotocopy sendiri, atau menyediakan CD/DVD kosong atau flashdisk untuk perekaman data dan informasi.
    • Produk Pelayanan
      Produk pelayanan informasi terdiri dari hardcopy (buku, majalah, brosur, leaflet) dan softcopy (data dalam file)
    • Sarana dan Prasarana
      1. Ruang pelayanan informasi
      2. Ruang tunggu (meja dan kursi)
      3. Komputer
      4. Meja dan Kursi
      5. Almari
      6. Telepon
      7. Faksimile
      8. Printer
      9. TV
      10. Masjid
      11. Perpustakaan
      12. Toilet
      13. Tempat Parkir
    • Kompetensi Pelaksana
      Dalam menjalankan tugasnya, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dibantu Pejabat Fungsional Arsiparis, Pustakawan, Pranata Humas dan Pranata Komputer. Sedangkan kompetensi pelaksana PPID meliputi :
      1. Petugas Informasi memiliki wawasan dan pengetahuan peraturan yang terkait dengan informasi publik dan pelayanan publik
      2. Petugas Informasi mempunyai ketrampilan dan sikap dalam berkomunikasi, sehingga dapat menunjang dalam melaksanakan tugas pelayanan
    • Pengawasan Internal
      1. Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknik
      2. Kepala Seksi Informasi
    • Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
      1. Kotak saran dan pengaduan
      2. Formulir Keberatan
      3. Dan/atau melalui surat, datang langsung, fax, telepon, e-mail, dan website pada alamat di bawah ini :
        PPID Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik
        Jl. Sokonandi No.9 Yogyakarta 55166
        Telp +62 274 512929
        Faks +62 274 563655
    • Jumlah Pelaksana
      Petugas PPID sebanyak 11 (sebelas) orang
    • Jaminan Pelayanan
      1. Pemohon informasi akan memperoleh pelayanan informasi sesuai jadwal yang telah ditentukan;
      2. Para Petugas Informasi telah mendapat penugasan dari atasan langsung dalam memberikan layanan
    • Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
      1. Informasi yang diberikan dijamin keabsahannya dan dapat dipertanggungjawabkan;
      2. Keselamatan pemohon informasi menjadi tanggung jawab pihak Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik selama berada di lingkungan kantor Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik
    • Evaluasi Kinerja Pelaksana
      Evaluasi Kinerja Pelaksana dilaksanakan minimal 1 (satu) tahun sekali guna melakukan perbaikan dan meningkatkan kinerja layanan informasi.
      Laporan PPID 2015
      Laporan PPID 2016


Yogyakarta, 29 November 2016
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik
Ketua,


Widodo, B.Sc., S.Sos.
NIP. 196106161985031003

 

 

 





 
   
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia
Badan Penelitian dan Pengembangan Industri
Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik
Jl. Sokonandi No. 9 Yogyakarta Indonesia 55166
Telp. +62 274 512929, 563939 Fax. +62 274 563655
e-mail: bbkkp_jogja@kemenperin.go.id, bbkkp_jogja@yahoo.com
   
   
Copyright © 2011-2017 BBKKP, All Right Reserved