Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik
   :: BERANDA :: BERITA :: PETA SITUS :: HUBUNGI KAMI ::
Bahasa Indonesia   Bahasa Inggris   
 

PROFIL BBKKP

 

LAYANAN

 

SUMBER DAYA

 

INFORMASI PUBLIK

 

INFORMASI

 

KERJASAMA

 

TAMU & PELANGGAN

 
BERANDA » Berita » Dukung Industri Alas Kaki,kemenperin Latih Sdm Alas Kaki

DUKUNG INDUSTRI ALAS KAKI,KEMENPERIN LATIH SDM ALAS KAKI

27 Apr 2017 - Dini Noor Hidayah

Dukung Industri Alas Kaki,Kemenperin Latih SDM Alas Kaki

Industri alas kaki merupakan komoditas andalan industri manufaktur, karena mampu menyerap tenaga kerja dan menyumbang devisa negara. Untuk itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong peningkatan kinerja industri alas kaki yang dikategorikan sebagai salah satu sektor prioritas untuk dikembangkan. Direktorat Industri Tekstil, Kulit, Alas Kaki dan Aneka Kemenperin bekerja sama dengan Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Jawa Timur menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Desain Alas Kaki dengan instruktur dari Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (BBKKP). Pelatihan berlangsung selama 10 hari mulai dari tanggal 17 s.d 28 April 2017, dibuka oleh Kepala Subdirektorat Industri Tekstil, Elis Masitoh. Dalam sambutannya, Elis Masitoh mengharapkan industri alas kaki dapat menghasilkan produk dan desain yang berdaya saing.

Haris Nur Salam dan Sugeng Supardal dari BBKKP menjadi instruktur yang melatih 24 (dua puluh empat) peserta yaitu pengrajin sepatu di daerah Jawa Timur. Selama pelatihan, peserta diberikan materi mengenai pembuatan pola dengan copy of last dan diajari untuk membuat pola dasar hingga pola jadi. Dilanjutkan dengan praktek pemotongan bahan, penyesetan, pelipatan, penjahitan (merakit dan menjahit), pengesolan dan finishing. Dari pelatihan ini dihasilkan 24 pasang sepatu yang dibuat oleh masing-masing peserta dan dua pasang sepatu yang dibuat secara berkelompok.

Pelatihan ditutup pada Rabu, 26 April 2017 oleh Sekretaris Aprisindo Jatim, Ali Masud. Dalam sambutannya, Ali Masud berpesan kepada seluruh peserta pelatihan supaya ilmu yang diperoleh selama pelatihan dapat dikembangkan lagi, dan Aprisindo siap memfasilitasi dengan meminjamkan tempat dan fasilitas yang dibutuhkan.

. : : LIHAT INDEKS BERITA : : .

 

 

 





 
   
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia
Badan Penelitian dan Pengembangan Industri
Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik
Jl. Sokonandi No. 9 Yogyakarta Indonesia 55166
Telp. +62 274 512929, 563939 Fax. +62 274 563655
e-mail: bbkkp_jogja@kemenperin.go.id, bbkkp_jogja@yahoo.com
   
   
Copyright © 2011-2017 BBKKP, All Right Reserved