Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik
   :: BERANDA :: BERITA :: PETA SITUS :: HUBUNGI KAMI ::
Bahasa Indonesia   Bahasa Inggris   
 

PROFIL BBKKP

 

LAYANAN

 

SUMBER DAYA

 

INFORMASI PUBLIK

 

INFORMASI

 

KERJASAMA

 

TAMU & PELANGGAN

 
BERANDA » Berita » Kembangkan Laboratorium Teknologi Kepolisian, Puslitbang Polri Lakukan Audiensi Ke Bbkkp

KEMBANGKAN LABORATORIUM TEKNOLOGI KEPOLISIAN, PUSLITBANG POLRI LAKUKAN AUDIENSI KE BBKKP

10 May 2017 - Tri Rahayu Setyo Utami, M.Eng

Kembangkan Laboratorium Teknologi Kepolisian, Puslitbang POLRI lakukan audiensi ke BBKKP

Sejak 26 September 2016, Pusat Penelitian dan Pengembangan Kepolisian Republik Indonesia (Puslitbang POLRI) memulai proyek pengembangan puslitbang dengan mengambil lokasi di Cimanggis, Bogor dan ditargetkan akan selesai Oktober 2017. Laboratorium Teknologi Kepolisian terdiri atas beberapa laboratorium salah satunya adalah Laboratorium Almatsus (Alat dan Material Khusus) yang berperan melakukan pemeriksaan dan pengawasan mutu terhadap almatsus kepolisian. Dalam pengembangan Laboratorium Almatsus, Puslitbang Polri menghadapi beberapa permasalahan yaitu terkait teknisi laboratorium, peralatan dan teknologi pengujian dan evaluasi serta masalah tentang metode pengujian dan evaluasi peralatan Kepolisian.

Puslitbang Polri menugaskan tim yang dipimpin oleh AKBP Sucipta, S.H., M.H dan beranggotakan AKBP Suyatini, S.H., IPDA Alfian Kharisma Putra, S.T., PENDA Sarmiyem untuk melakukan audiensi di BBKKP pada hari Rabu, 10 Mei 2017. Layanan pengujian Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (BBKKP) secara tidak langsung menjadikan BBKKP sebagai pengawas mutu untuk beberapa komoditi kulit yang menjadi almatsus kepolisian semisal sepatu PDH/PDL untuk personil polisi dan ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Kepolisian RI, ikat pinggang Bintara Polri, dan produk khusus lainnya.

Kerja sama dengan kepolisian bukan hal yang baru bagi BBKKP. Di tahun 1980-an BBKKP yang saat itu masih bernama Balai Penyelidikan Kulit pernah bekerja sama dengan Polri (saat Polri masih bergabung dengan ABRI) tepatnya dengan Badan Perbekalan (Babek) ABRI. BBKKP berperan sebagai Quality Control (QC) untuk beberapa komoditi kulit yang dibutuhkan ABRI.

Bertempat di Ruang Resin BBKKP, tim audiensi diterima oleh Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknik (Kabid PJT), Kepala Bidang Pengujian, Sertifikasi dan Kalibrasi (Kabid PASKAL), Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU), Kepala Seksi Pemasaran, Kepala Seksi Informasi, Kepala Seksi Pengujian serta beberapa personil laboratorium pengujian. Audiensi diawali dengan pemaparan tentang profil masing-masing organisasi yaitu Puslitbang Polri dan profil BBKKP kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi.

Sri Waskito selaku Kabid PASKAL dalam sesi diskusi memberi masukan untuk pengembangan Laboratorium Almatsus sebaiknya disesuaikan dengan persyaratan yang ada di ISO 17025 Persyaratan Sistem Manajemen Laboratorium Pengujian/Kalibrasi dan mendapat pengakuan/sertifikasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Sehingga ada beberapa komponen yang perlu disiapkan antara lain SDM, peralatan uji, metode uji dan dokumentasi. Kabid PJT, Widodo menambahkan untuk hal-hal yang tidak bersifat rahasia bisa dilakukan melalui kerja sama dengan pihak-pihak atau lembaga yang sudah memperoleh sertifikasi dari KAN sedangkan untuk keperluan yang bersifat rahasia sebaiknya ditangani sendiri oleh Puslitbang Polri.

Widodo juga menyampaikan bahwa BBKKP siap bekerja sama dengan Puslitbang Polri dalam hal penelitian, pengembangan kompetensi teknisi laboratorium, pelatihan pemahaman ISO 17025, bimbingan teknis dokumentasi ISO 17025, dan layanan teknis lainnya. Tim Audiensi Puslitbang Polri selanjutnya dipersilahkan mengunjungi Laboratorium Uji Produk Kulit, Karet dan Plastik (LUPKKP), Laboratorium Uji Komoditi Kimia, Air dan Lingkungan (LUKKAL) untuk mengamati fasilitas dan proses yang ada di laboratorium serta berdiskusi mengenai metode yang digunakan dalam pengujian kulit dan sepatu. Tim Audiensi juga tertarik untuk mengamati secara langsung proses penyamakan kulit di Laboratorium Riset Kulit dan Laboratorium Finishing.

. : : LIHAT INDEKS BERITA : : .

 

 

 





 
   
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia
Badan Penelitian dan Pengembangan Industri
Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik
Jl. Sokonandi No. 9 Yogyakarta Indonesia 55166
Telp. +62 274 512929, 563939 Fax. +62 274 563655
e-mail: bbkkp_jogja@kemenperin.go.id, bbkkp_jogja@yahoo.com
   
   
Copyright © 2011-2017 BBKKP, All Right Reserved