Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik
   :: BERANDA :: BERITA :: PETA SITUS :: HUBUNGI KAMI ::
Bahasa Indonesia   Bahasa Inggris   
 

PROFIL BBKKP

 

LAYANAN

 

SUMBER DAYA

 

INFORMASI PUBLIK

 

INFORMASI

 

KERJASAMA

 

TAMU & PELANGGAN

 
BERANDA » Berita » Pemetaan Potensi Ekspor Produk Kulit, Kemendag Sambangi Bbkkp

PEMETAAN POTENSI EKSPOR PRODUK KULIT, KEMENDAG SAMBANGI BBKKP

30 May 2017 - Dini Noor Hidayah

Pemetaan Potensi Ekspor Produk Kulit, Kemendag Sambangi BBKKP

Peningkatan daya saing produk ekspor perlu dilakukan untuk dapat menembus pasar ekspor. Sebagai upaya identifikasi eksportir dan calon eksportir nasional, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Pengembangan Produk Ekspor berkunjung dan wawancara untuk mendapatkan informasi terkait produk kulit ke Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (BBKKP) pada Selasa, (30/05/2017).

Sri Dwi Wahyuni dari Kemendag menyampaikan maksud kunjungan adalah untuk mengumpulkan informasi mengenai peran BBKKP dalam mendukung peningkatan daya saing produk kulit ekspor dan kendala yang dihadapi dalam upaya ekspor produk kulit. Pengujian mutu produk dan sertifikasi (baik sistem manajemen mutu, manajemen lingkungan maupun penggunaan tanda SNI) bagi industri merupakan dalah satu layanan BBKKP dalam upaya peningkatan daya saing produk ekspor.

Disampaikan oleh Sri Waskito, Kepala Bidang Pengujian, Sertifikasi dan Kalibrasi BBKKP, bahwa saat ini ada beberapa masalah yang dihadapi oleh IKM produk kulit, salah satunya adalah pemenuhan persyaratan buyer untuk kualitas produk. Masalah lainnya terkait dengan kurangnya kompetensi SDM IKM produk kulit. Dan jika berbicara mengenai kuantitas produksi, kurangnya bahan baku masih menjadi kendala utama, karena sulitnya mendapatkan bahan baku kulit mentah dari dalam negeri. Sedangkan impor bahan baku kulit (kulit mentah maupun kulit pickle) masih dibatasi akibat adanya isu penyakit mulut dan kuku pada hewan.

Untuk melihat fasilitas pengujian kulit dan produk kulit, tim dari Kemendag dipersilahkan untuk mengunjungi laboratorium uji produk kulit, karet dan plastik. Sebelumnya, rombongan juga mengunjungi laboratorium riset penyamakan kulit, lab finishing kulit dan showroom hasil litbang BBKKP

. : : LIHAT INDEKS BERITA : : .

 

 

 





 
   
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia
Badan Penelitian dan Pengembangan Industri
Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik
Jl. Sokonandi No. 9 Yogyakarta Indonesia 55166
Telp. +62 274 512929, 563939 Fax. +62 274 563655
e-mail: bbkkp_jogja@kemenperin.go.id, bbkkp_jogja@yahoo.com
   
   
Copyright © 2011-2017 BBKKP, All Right Reserved